Rabu, 17 Februari 2010

rumah di Kapuk, jakarta utara














Diawal tahun 2010,, desain rumah dimulai dengan datangnya calon klien dari PIK (pantai indah Kapuk), meminta untuk mendesain sebuah rumah untuk keluarganya.
Rencana awal yang diusulkan adalah membuat 5 kamar beserta dengan toiletnya masing-masing. Selanjutnya adalah taman samping yang besar dan pantry yang cukup luas beserta dengan ruang servis yg ada di semi basement. Permintaan lain adalah memberi banyak open space untuk membuat pertukaran udara di dalam rumah. Tentu saja hal ini sangat berarti untuk rumah di lokasi Jakarta utara ini yang nota bene tergolong panas.

Mendesain dengan tidak melihat lokasi adalah sebuah pengalaman baru yang sedang di uji coba . Apakah akan menjadi sebuah “masalah” baru ataukah menjadi sebuah fenomena tipikal yang sering kita jumpai di kota-kota besar. Seperti halnya kalo kita tinggal di sebuah komplek perumahan, sering kita jumpai kecenderungan sebuah “individual” pandangan terhadap cara hidup. Dimana kita sering acuh tak acuh dengan urusan orang lain. Termasuk soal arsitektur atau facade rumah.

Desain dimulai dengan membuat massa yg memanjang belakang dengan menambah massa bangunan di kanan dan kiri. Penambahan lain adalah kolam ikan atau masa depan bisa di gunakan sebagai kolam renang ( masih belum direncanakan), menjadi penghantar udara dingin disebabkan uap dari kolam relatif lebih rendah.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah soal style. Walaupun tidak menjadi hal utama dalam desain tapi style mencoba menjadi nomor kedua. Karena style bisa menjadi apa saja terserah dari sang klien. Seperti apakah itu? Sedang dan masih dicoba,,,,

bintaro, 17 feb 2010.



4 komentar:

Unknown mengatakan...

sekilas dari fasad ada sedikit kemiripan dengan rumah cinere, betul begitu pak?

[ BINSTUDIO ] mengatakan...

betul, krn klien ini suka bgt sama yg cinere. boleh saja sih asal tdk mirip abis sih.

Anonim mengatakan...

sebuah ide yang "berani" untuk memulai dengan masa memanjang di tengah, yang biasanya orang memulainya dari tepi!
Selamat berkarya, GBU!!!

[ BINSTUDIO ] mengatakan...

heheheh,,, iya makasih GBU too anonim