Jumat, 10 September 2010

Rumah Perca (Rumah Murah Sehat- sayembara majalah SRI)

Tema desain untuk rumah ini, disebut sebagai Rumah Perca ( Patchwork ).
Belakangan ini ,kebetulan ( sekali lagi),,Ibu dan istriku mempelajari dan diskusi soal perca dan pola-polanya untuk sebuah "proyek" mereka yang disebut selimut, bed cover dsb.
Ide ini menarik sekali untuk di cermati. Menarik karena memakai bahan-bahan sisa yang sudah merupakan kain-kain yang terbuang dengan warna, corak dan motif yang berbeda. Namun spirit dari sebuah patchwork adalah menyatukan “perbedaan” bahan-bahan tersebut menjadi satu,menjadi sebuah pola yang “baru”, mirip dengan cara kerja para pelukis yang menyatukan beberapa warna cat dan disapu dalam sebuah media kanvas dan menjadi sebuah lukisan bergambar bahkan abstrak..




Bagaimana kalau , semangat ini digoreskan dalam sebuah bangunan? Rumah misalnya?.
Bukankah akan menarik juga?..Budaya dan semangat saling membagi, gotong royong seharusnya tidak di tinggalkan dengan adanya kemajuan jaman ini. Kemajuan yang kadang hanya mengangkat individualisme, yang hanya berorientasi ke arah sebuah komunitas maya?.Rasanya , saya masih percaya dengan adanya budaya tolong-menolong, saling berbagi, toleransi di daerah yang masih jauh dari sebuah kota? Sebuah komunitas yang hanya sebesar 1-2 RT saja?. Dimana penghuninya merupakan para pekerja kecil, karyawan toko atau bahkan pensiunan yang ingin menikmati sepinya hiruk pikuk kota?..

Bahan material bangunan yang sekarang ini sering me-depan-kan bahan import dan bahan-bahan mahal yang belum tentu ramah lingkungan, sudah saatnya lebih mengenalkan dan mengembalikan bahan material menjadi sebuah bahan bangunan yang natural. Bahan yang gampang di cari dan diolah kembali secara daur ulang seperti bata, kermaik bekas, batako lokal, bahkan atap fiber semen yang masih ringan dan gampang di cari?..Bukankah dengan semangat merangkai tenaga lokal dan bahan lokal menjadikan energi yang akan di pakai menjadi “murah” baik secara budget dan tenaga SDM yang di gunakan?...

Bintaro, 10 september 2010..

lokasi


ide struktur














rencana
















studi model











exterior














ruang tidur utama


ruang tidur anak


ruang tamu


ruang makan dan dapur




ruang duduk atas


area tangga


ruang jemur dan cuci

Tidak ada komentar: