Kamis, 05 Agustus 2010

gedung baru di palembang (?)

Awalnya pengambilan ide sebuah rancangan gedung untuk sebuah kantor sewa (rental office) di Palembang,adalah dari sebuah empek-empek. Makanan ini tergolong paling populer di benakku untuk mencari sebuah konsep tentang "image Palembang". Terlepas dari sebuah ide yang sangat "lugu" dan “naif”. Ternyata sejarah empek-empek cukup panjang di banding pembuatan jembatan Ampera di Palembang. Malah makanan ini mudah diingat orang. Siapa pun yang memberi opini soal Palembang adalah makanan tsb yang pertama terucap.

Bangunan ini, semata tidak berfungsi secara total menjadi bangunan kantor sewa saja, tetapi dapat di fungsikan untuk pameran,kawinan dan acara-acara non formal disini.
Sasaran awal dalam tahap bisnis adalah expatriat . Harapannya karena banyak beberapa kantor disana susah mencari gedung yang cukup “layak” untuk menampung kegiatan tsb.

Gedung terbagi menjadi 5 area, basement sebagai area parkir dan servis, lantai dasar sebagai area resepsionis dan area retail non kantor, sewa utk pameran temporer. Lantai atas 1 sampai dengan 3 merupakan area konvensi ( kawinan, rapat umum , seminar dsb).
Area diatas lain merupakan area kantor sewa dengan pemesan para expatriat. Lantai berikutnya ada cafe dan resto dan lounge sebagai area vip, serta terakhir adalah area gym, fitness untuk area berolah raga indoor para penyewa tsb. Tambahan terakhir adalah bagian atap terdapat helipad untuk kantor-kantor minyak yang akan sering berkunjung ke lokasi tambangnya.

Bentuk gedung juga menjadi perhatian dimana wujud empek-empek tadi merupakan wujud yang beragam sebagai wujud transformasi menjadi gedung . Ada beberapa massa yg akhirnya terdiri dari beberapa fungsi disesuaikan dengan gedung tsb. Misal wujud empek-empek kapal selam yang merupakan bagian pojok gedung sebagai landmark dan sekaligus berfungsi sebagai area sewa. Sedang bentuk lenjer menjadi bentuk kanopi entrancenya.
Beberapa warna yang cukup “cerah” di berikan di bagian gedung sebagai cara utk mengundang publik melihat gedung ini menjadi bagian dari sebuah kota. Terlepas dari apa itu bentuknya selamat menikmati saja,,,,,,,

bintaro 5 agustus 2010.









Tidak ada komentar: